Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Teams Games Tournament  dengan memanfaatkan teknologi sebagai inovasi dalam layanan bimbingan klsikal. Teams Games Tournament merupakan pendekatan yang menggabungkan teknoloi informasi dan kompetisi dalam konteks layanan Bimbingan Klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan sejumlah siswa dalam layanan bimbingan klasikal. Data dikumpulkan melalui observasi secara langsung dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Teams Games Tournament dengan memanfaatkan teknologi melalui aplikasi wordwall.net dan interacty.me dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik,  keterlibatan aktif peserta didik dalam proses layanan, mengembangkan keterampilan sosial melalui interaksi dalam kompetisi, dan memperluaas pemahaman mereka tentang bimbingan klasikal. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi Bimbingan Klasikal dalam mengembangkan strategi inovatif untuk meningkatkan efektivitas layanan bimbingan klasikal yang relevan dengan perkembangan zaman. Dikarenakan penelitian ini menyoroti pentingnya teknologi dan kompetisi dalam konteks pendidikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna. Integrasi teknologi dalam layanan Bimbingan Klasikal menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas layanan dan menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya adaptasi teknologi dalam konteks layanan bimbingan klasikal guna meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman belajar peserta didik.