Main Article Content
Abstract
Best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman belajar penulis dalam memanfaatkan canva. Pemanfaatan canva tersebut dilakukan dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek produk untuk meningkatkan keterampilan literasi digital peserta didik. keterampilan literasi digital peserta didik yang diamati dalam pembelajaran tersebut yaitu kemampuan akses dan penggunaan teknologi, evaluasi informasi dan konten digital, komunikasi dan kolaborasi, pemecahan masalah, dan keterampilan membuat konten digital. Metode best practice mengacu pada langkah STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi). Pada tahap aksi, pembelajaran yang dilakukan menggunakan skema model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hasil best practice menunjukan bahwa pemanfaatan canva dapat melatih keterampilan literasi digital peserta didik melalui indikator yang tercermin dalam setiap sintaks pembelajaran. Kemudian adanya penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek produk menjadikan peserta  didik dapat mengaktualisasikan  pemahaman  yang  diperolehnya  ke  dalam  berbagai karya  sesuai dengan bakat dan minatnya. Adapun karya atau hasil produk dalam pembelajaran yang dilakukan yaitu konten digital berupa video, poster dan short movie.