Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi  dampak  penggunaan  pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran memproduksi teks produksi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada sebuah kelas di sekolah menengah pertama yang memiliki masalah terkait hasil belajar yang kurang memuaskan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar peserta didik kurang memuaskan dan pembelajaran di kelas cenderung tidak kondusif. Hasil belajar peserta didik sebelum intervensi juga menunjukkan hasil yang rendah. Namun, setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, terlihat peningkatan signifikan pada hasil belajarnya. Selain itu, perubahan perilaku peserta didik juga terlihat dalam aspek kreativitas, kerjasama kelompok, keterampilan berbicara, dan kemampuan memproduksi teks prosedur. Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memproduksi teks prosedur. Oleh karena itu, disarankan agar pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dapat diterapkan lebih luas dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan motivasi dan kualitas pembelajaran siswa.

Keywords

Memproduksi Teks Prosedur Hasil Belajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Article Details