PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ULAR TANGGA SEBAGAI LANGKAH MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM MENGELOLA EMOSI

Main Article Content

Ananta Rifqi Leo Rinaldi
Hastin Budisiwi
Rr. Wiwiek Marsiyatin

Abstract

Penelitian ini berfokus pada hasil best practices yang dilakukan oleh peneliti ketika melaksanakan layanan bimbingan klasikal topik mengelola emosi dengan metode problem based learning (PBL) yang dipadukan dengan media permainan ular tangga pada peserta didik kelas VIII I SMPN 1 Dukuhturi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan  refleksi hasil layanan menggunakan   metode   STAR   (Situasi,   Tantangan,   Aksi   dan   Refleksi).   Hasil   penelitian menunjukan bahwa penerapan PBL dan media permainan ular tangga secara signifikan meningkatkan partisipasi peserta didik, minat dan motivasi mereka dalam mengikuti laayanan bimbingan klasikal. Peserta didik menjadi lebih antusias, mampu berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dalam kelompok, dan memahami cara mengelola emosi secara efektif. Penggunaan media  ular  tangga  membuat  layanan  menjadi  lebih  menarik  dan  tidak  membosankan  bagi peserta didik. Kekurangan yang masih terlihat berdasarkan hasil implementasi metode PBL dan media permainan ular tangga dalam layanan klasikal ini terletak pada manajamen waktu yang belum baik sehingga beberapa rencana yang telah ditetapkan tidak dapat dilaksnakan.

Article Details

Section
Articles