Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan desain penelitian model PTK yang dikembangkan
oleh Kurt Lewis. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Pangkah dengan subjek penelitian 32 siswa
pada kelas VII J. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan motivasi belajar
dan persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Baamboozle pada pelajaran bahasa
Inggris materi Descriptive Text. Metode pengumpulan data yaitu kuisioner motivasi belajar dan
wawancara. Analisis data secara deskriptif, yaitu dengan menggunakan data kualitatif yang
dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian meliputi 1) pembelajaran menggunakan
media pembelajaran Bamboozle menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar yang
ditunjukan deengan siswa memiliki motivasi belajar sedang 3% atau 1 siswa saja. Sedangkan
siswa yang mengalami kenaikan motivasi atau tetap ada 53% atau 17 siswa dan sisanya
menunjukan kenaikan motivasi yang sangat signitifkan menunjukan bahwa rata-rata motivasi
belajar siswa dalam kategori sangat tinggi sebanyak 44%. Hasil wawancara peneliti dengan siswa
mengenai penggunaan Baamboozle pada pelajaran bahasa Inggris materi Descriptive Text
menyatakan jika mereka sangat senang dan bersemangat saat melakukan kuis Baamboozle secara
berkelompok.