Main Article Content
Abstract
Sebagai perencana pengajaran, seorang pendidik diharapkan mampu untuk
merencanakan kegiatan belajar mengajar secara efektif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII
F, SMP Negeri 11 Tegal Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Media yang di terapkan TTS
pada materi Teks Tanggapan. Penelitian tindakan kelas kolaboratif jenis penelitian deskriptif
survei, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran teks tanggapan melalui media TTS
sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Hasil belajar yang menunjukkan adanya
peningkatan dari siklus I ke siklus II, hasil rata-rata kelas kemampuan membaca atau
pemahaman pada siklus II sebesar 63 dengan tingkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 94
menunjukkan bahwa hasil tersebut telah memenuhi ndikator kinerja yang telah ditentukan,
yakni minimal 85% peserta didik memperoleh nilai atau lebih dengan nilai rata-rata kelas 75
sebagai batas tuntas, meskipun pada awalnya masih banyak kendala pada siklus pertama,
namun pada siklus II kendala tersebut dapat diatasi dengan baik, sehingga penelitian yang
dilakukan oleh peneliti dapat dikatakan berhasil.