Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menigkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X
AKL 1 SMK Negeri 2 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran problem
based learning. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan
hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran problem
based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar
akuntansi. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I menunjukkan 77,14%. Sedangkan persentase
ketuntasan hasil belajar siklus II menunjukkan 94,29%. Penerapan model pembelajaran problem based
learning juga dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi.
Berdasarkan hasil pengamatan, siklus I menunjukkan persentase keaktifan peserta didik sebesar
69,57%. Sedangkan pada siklus II persentase keaktifan peserta didik sebesar 90,29%.

Keywords

Model Pembelajaran Problem Based Learning Keaktifan Belajar Peserta Didik Hasil Belajar Peserta Didik

Article Details