PENERAPAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dan motivasi belajar pada
materi bunyi dengan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantuan aplikasi wordwall.
Penelitian ini berpopulasi 32 siswa kelas VIII B SMP N 2 Tegal. Instrumen dalam penelitian ini berupa
angket yang terdiri dari 40 soal. Pada siklus I, hasil analisis untuk kelas ini yaitu 22 peserta didik
(68,75%) memperoleh nilai di atas 75 dan pada siklus II sebanyak 30 peserta didik (93,75%) memperoleh
nilai di atas 75. Di samping itu, pada siklus I peserta didik memiliki rata-rata motivasi belajar sebesar 83%
dan pada siklus II diperoleh besar motivasi belajar yaitu 90%. Kedua uji di atas menunjukkan bahwa hasil
dan motivasi belajar kelas VIII B sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran TGT berbantuan wordwall mampu meningkatkan hasil dan motivasi belajar
peserta didik kelas VIII B SMP N 2 Tegal.