Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta
didik dalam Mata Pelajaran Matematika materi Bangun Ruang di kelas VII UPTD SPF SMP
Negeri 12 Tegal dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games
Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus
dan satu pra siklus. Dengan hasil yang di peroleh sebagai berikut: 1) Hasil belajar ranah kognitif
semakin membaik setelah dikenai tindakan, dimana rata-rata hasil belajar untuk pra siklus
adalah 56, 07 untuk nilai ketercapaian KKTP secara klasikal 10,7%. Untuk siklus I memiliki
rata-rata 67,67 dengan ketercapaian KKTP secara klasikal 42,85%. Untuk siklus II memiliki
rata-rata 75,17 dengan ketercapaian KKTP secara klasikal 75%. 2) Motivasi belajar semakin
membaik pada siklus I dan siklus II dibandingkan dengan pra siklus. Dimana pada kegiatan pra
siklus untuk skor rata-rata motivasi yang didapat dari angket adalah 59,68 dan untuk skor ratarata hasil observasi motivasi belajar adalah 42,5. Untuk kegiatan siklus I skor rata-rata motivasi
yang didapat dari angket adalah 67,76 dan untuk skor rata-rata hasil observasi motivasi belajar
adalah 57,5. Untuk kegiatan siklus II skor rata-rata motivasi yang didapat dari angket adalah
78, 66 dan untuk skor rata-rata hasil observasi motivasi belajar adalah 72,5. Hal ini
membuktikan bahwa hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas VIIA UPTD SPF
SMP 12 Tegal tahun pelajaran 2022/2023 untuk materi bangun Ruang semakin meningkat
dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament.