Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas sebagai upaya peningkatan literasi sains pada kelas VIII
A SMP N 7 Tegal dengan implementasi model pembelajaran discovery learning berbasis science
edutainment. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila terjadi peningkatan dari setiap siklus
dan ketuntasan klasikal mencapai 85%. Peningkatan literasi sains ditunjukkan dari hasil proses
kognitif literasi sains dengan nilai rata-rata siklus 1 sebesar 99, siklus 2 sebesar 100, dan siklus 3
sebesar 100. Peningkatan sikap sains literat peserta didik terjadi peningkatan tiap siklus yaitu
siklus 1 sebesar 80%, siklus 2 sebesar 91%, dan siklus 3 sebesar 95%. Peningkatan ketrampilan
literasi sains terjadi peningkatan nilai rata-rata tiap siklus yaitu siklus 1 sebesar 93,6, siklus 2
sebesar 97,8, dan siklus 3 sebesar 100% Tingkat ketuntasan pembelajaran melalui model
pembelajaran discovery learning berbasis science edutainment mengalami peningkatan dengan
kriteria tuntas semua sebesar 100%.