Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini menelusuri bagaimana strategi Question-Answer Relationship
dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah dan
bagaimana strategi ini dapat meningkatkan keterampilan membaca komprehensif peserta didik.
Penelitian ini melibatkan 32 peserta didik kelas VIlI E SMP Negeri 1 Tegal tahun ajaran
2022/2023. Berdasarkan hasil tes kemampuan dasar, disimpulkan bahwa 75% peserta didik
tidak memenuhi nilai ketuntasan minimal sebesar 80. Setelah dilakukan dua siklus
pembelajaran, diperoleh hasil bahwa hasil tes peserta didik mengalami peningkatan. Peserta
didik merasa lebih mudah menjawab pertanyaan yang diajukan yang berkaitan dengan isi teks
bacaan. Jadi, diperoleh hasil bahwa strategi QAR dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa
Inggris di tingkat sekolah menengah, khususnya dalam pembelajaran materi teks Recount.
Penerapan strategi ini dapat membantu peserta didik untuk menemukan hubungan antara
pertanyaan dengan jawaban, sehingga memudahkan peserta didik untuk menjawab dengan
tepat. Peserta didik juga mampu meningkatkan keterampilannya dalam membaca komprehensif.

Keywords

strategi question-answer relationship teks recount keterampilan membaca

Article Details