Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal dengan penerapan
model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas XI-7 SMA N 2 Tegal.
Jenis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data menggunakan metode
observasi, angket dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini ditemukan (1) Adanya
peningkatan keaktifan peserta didik dengan indikator pada prasiklus 49,91%. Siklus I
mengalami kenaikan sebesar 67,36 %, dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,20 %.
(2) Hasil belajar peserta didik pada kegiatan prasiklus persentase ketuntasan sebesar 16,67 %,
siklus I mengalami kenaikan nilai sebesar 55,56 % dan siklus II hasil perolehan mengalami
kenaikan yang sangat baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 97,20%. Dapat
diartikan bahwa penerapan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament di Kelas XI-7
SMA N 2 berhasil untuk mengingkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.