Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penilitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan
kemampuan berpikir krirtis peserta didik kelas XI 5 di SMA N 2 Tegal dengan model
pembelajaran problem based learning. Pendekatan yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif.
Prosedur pelaksanaan dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, angket
dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI 5 setiap siklus mengalami
peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Probelm Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar peserta didik kelas XI 5 di SMA N 2 Tegal.