Main Article Content
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan menulis teks, terutama menulis teks
tanggapan di SMP Negeri 3 Tegal. Faktor yang membuat peserta didik kesulitan dalam menulis
teks karena kurangnya minat peserta didik dalam hal keterampilan menulis serta penggunaan
model dan media pembelajaran. Dari permasalahan tersebut maka rumusan masalahnya adalah
bagaimana hasil Penerapan model Think Talk Write Berbantu Media Mind Mapping dalam
Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan Pada Kelas VII A SMP Negeri 3 Tegal. Adapun dari
rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil
Penerapan model Think Talk Write Berbantu Media Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis
Teks Tanggapan Pada Kelas VII A SMP Negeri 3 Tegal. Model pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripsi. Hasil pengumpulan data yang diujikan
diperoleh dua analisis data yaitu tes dan nontes. Adapun teknik tes digunakan mengukur
keterampilan menulis teks tanggapan dengan perenapan Model Think Talk Write Berbantu
Media Mind Mapping. Sedangkan untuk teknik nontes terdiri dari observasi, wawancara dan
dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menulis teks tanggapan
dengan menggunakan model Think Talk Write Berbantu Media Mind Mapping pada peserta
didik kelas VII A di SMP Negeri 3 Tegal adalah pembelajaran menjadi lebih efektif karena
memudahkan peserta didik memahami materi dan menjadikan peserta didik lebih aktif.