Main Article Content
Abstract
Keaktifan belajar merupakan salah satu factor pendukung dalam meningkatkan hasil
belajar siswa disekolah dalam hal ini pembelajaran PPKn, keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran perlu dikembangkan agar siswa memiliki semangat dalam proses belajar PPKn,
siswa memliki berbagai macam karakter yang perlu diperhatikan agar proses pembelajaran
dapat berjalan baik dan meningkatkan antusias siswa. Penelitian ini masuk dalam kategori
action research atau Penelitian Tindakan Kelas berfokus pada upaya untuk meningkatkan
keaktifan siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar menggunakan model Problem Based
Learning (PBL) yang dilakukan di kelas X TJKT 2 SMK 2 Tegal pada mata pelajaran PPKn di
semester genap tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini memperoleh presentase yang
memuaskan, karena pada proses pra siklus yang memiliki tingkat ketuntasan nilai siswa
memperoleh 68%, kemudian pada siklus satu menalami kenaikan pada 75% serta pada siklus
dua naik menjadi 92%, dari penerapan model PBL di kelas X TJKT 2 SMK 2 Tegal.