Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik
dengan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT berbantuan media wordwall.
Penelitian ini menggunakan PTK kolaboratif, yakni kerjasama dengan guru pamong maupun
teman sejawat, adapun metode pengumpulan data yang digunakan dengan observasi,
dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian siklus I meningkatkan keaktifan
belajar dan hasil belajar peserta didik, hal tersebut dilihat dari hasil keaktifan belajar sebanyak
28 atau (80%) dinyatakan tuntas serta 7 atau (20%) yang dinyatakan belum tuntas.
Selanjutnya dilihat dari hasil belajar sebanyak 28 atau (80%) dinyatakan tuntas dan 7 atau
(20%) dinyatakan belum tuntas. Kemudian siklus II sangat meningkatkan keaktifan belajar dan
hasil belajar peserta didik, dilihat dari hasil keaktifan belajar sebanyak 35 atau (100%)
dinyatakan tuntas. Kemudian dapat dilihat dari hasil belajar sebanyak 35 atau (100%)
dinyatakan tuntas.