Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar, pencapaian kompetensi sebagai
pemahaman peserta didik serta optimalisasi penggunaan media Quiz and Answer Card dalam
peningkatan kedua komponen tersebut di kelas VIIID SMP Negeri 12 Kota Tegal. Penelitian
Tindakan Kelas dalam meningkatkan tujuan tersebut menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan membagi peserta didik dalam beberapa
kelompok kecil yang heterogen. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus tindakan terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
pengumpilan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pemahaman belajar
peserta didik sebagian besar berada pada kondisi “paham dan sangat paham” yang semula pada
tahap prasiklus berada pada kondisi “kurang dan cukup” dengan lima indikator pemahaman
belajar yaitu aktif dalam proses pembelajaran, menerima materi dengan baik, mengajukan
pertanyaan, memberikan kesimpulan dan menyelesaikan tugas. Sedangkan hasil penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media Quiz and Answer Card menunjukkan
peningkatan pada komponen hasil belajar peserta didik dengan presentase ketuntasan pada
prasiklus yaitu 11,71%, siklus I yaitu 57,14% dan siklus II yaitu 89,29%. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan, penggunaan media belajar interaktif berupa Quiz and Answer Card
dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar peserta didik pada materi pemuda penentu masa depan.

Keywords

Media interaktif Quiz and Answer Card model pembelajaran kooperatif tipe TGT pemuda penentu masa depan

Article Details