Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar
pada materi mewaspadai ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia pada kelas XI AKL
1 SMK Negeri 2 Tegal melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek
penelitian ini berjumlah 36 peserta didik kelas XI AKL 1. Teknik pengambilan data menggunakan tes,
observasi dan dokumentasi. Adapun intrumen penelitian yang meliputi lembar observasi motivasi
belajar dan soal tes untuk evaluasi hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan untuk analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pda siklus I memperoleh rata-rata
skor motivasi belajar pada pertemuan 1 memperoleh 6,4 dengan kategori cukup dan pertemuan II 9,6
dengan kategori baik. Kemudian dilanjutkan siklus II skor pada pertemuan 1 rata-rata memperoleh
13, 6 dengan kategori baik dan pada pertemuan dua 16,05 dengan kategori sangat baik. Kemudian
rata- rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 26 peserta didik dan pada siklus II meningkat
menjadi 34 peserta didik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai
72,2% dan siklus II meningkat menjadi 94,4 % . Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi
belajar dan hasil belajar pada materi mewaspadai ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik
Indonesia pada siswa kelas XI AKL 1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMK Negeri 2 Tegal
Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023

Keywords

Motivasi Belajar Hasil belajar Model Pembelajaran Problem Based learning Mewaspadai Ancaman terhadap NKRI

Article Details