Main Article Content

Abstract

Pembelajaran dengan menerapkan media wordwall merupakan proses pembelajaran yang
efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini sudah terbukti
bahwa dengan penerapan media wordwall, motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Ekonomi di kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tegal meningkat. Pada kegiatan Prasiklus memperoleh nilai
tertinggi 87,5, nilai terendah 22,5 dan nilai rata-rata 56. Hasil belajar pada Siklus I setelah diberikan
tindakan memperoleh nilai tertinggi 75, nilai terendah 40 dan nilai rata-rata 63. Hasil belajar
peserta didik pada Siklus II memperoleh nilai tertinggi 85, nilai terendah 65 dan nilai rata-rata 74.
Ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan
dari kondisi awal sebelum tindakan 56 menjadi 63 pada Siklus I dan 74 pada Siklus II. Berdasarkan
inidikator motivasi yang telah ditetapkan, yaitu pertama, semua indicator motivasi belajar siswa
dalam proses pembelajaran yang tertera pada pedoman observasi harus mencapai kualifikasi baik
atau sangat baik . Kedua 75 % atau lebih dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran
mencapai KKM.

Keywords

Efektivitas Wordwall Ekonomi

Article Details