Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik
setelah menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan PhET Colorado, 2) Mengetahui
peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan
PhET Colorado.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tegal pada kelas VIII E. Desain penelitian ini yaitu
Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dengan menggunakan model Kemmis yang terdiri dari
4 tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi, angket minat belajar, dan hasil belajar (pretest & posttest) peserta didik. Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
berbantuan PhET Colorado dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, 2) Model pembelajaran
Think Pair Share (TPS) berbantuan PhET Colorado dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Phet Colorado Minat Belajar Hasil Belajar

Article Details