Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada
materi Getaran dan Gelombang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
berbantuan media PhET simulation di kelas VIII D SMPN 2 Tegal. Desain penelitian
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan, yakni; perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang memuat
lima pertemuan dan empat pertemuan. Data motivasi dan hasil belajar peserta didik diperoleh
melalui instrumen angket dan soal pilihan ganda yang diberikan kepada peserta didik setiap
akhir siklus. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbantuan media PhET simulation dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor rata-rata angket
motivasi belajar dari 75,38% menjadi 83,31%, dan peningkatan ketuntasan rata-rata hasil
belajar yang awalnya sebesar 34,38% menjadi 75%. Penelitian dihentikan pada siklus II dan
dianggap telah selesai serta sudah menunjukkan indikator ketercapaian yang ditentukan.