Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi
menelaah struktur teks tanggapan melalui model Quantum Teaching tipe TANDUR di SMP Negeri
3 Tegal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C tahun ajaran 2022/2023 sejumlah
29 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes hasil belajar, pengamatan,
angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Sementara itu, penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap
siklus pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar
peserta didik selama pembelajaran menelaah struktur teks tanggapan. Hal ini dapat dilihat dari
rerata nilai tes hasil belajar peserta didik yang meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I,
rerata nilai yang diperoleh sebesar 68 dengan tingkat kelulusan sebesar 48%. Pada siklus II,
rerata nilai yang diperoleh sebesar 78 dengan tingkat kelulusan sebesar 79%.

Keywords

Hasil Belajar Model Quantum Teaching Teks Tanggapan

Article Details