Main Article Content

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keaktifan peserta didik dan
hasil belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi di kelas X-8 SMA Negeri 4 Tegal dengan menggunakan
Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Subyek penelitian dalam penelitian
tindakan kelas ini adalah peserta didik Kelas X-8 SMA Negeri 4 Tegal Semester Genap Tahun
Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 Peserta didik. Untuk mendapatkan data, peneliti
menggunakan metode tes dan non tes dengan indicator Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran
Ekonomi sebesar 70, sedangkan ketuntasan belajar klasikal ditetapkan jika telah mencapai sama
atau di atas 70.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar dan hasil
belajar peserta didik ketika guru menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning
(CTL). Keaktifan belajar peserta didik meningkat sampai 2-3 poin pada lembar observasi atau
meningkatkan sebesar 75% terhadap keaktifan belajar peserta didik. Sedangkan pada hasil belajar,
penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) meningkatkan hasil belajar
sampai 75% dengan nilai rata-rata kelas diatas 75.

Keywords

Keaktifan Hasil Belajar Contextual Teaching Learning (CTL).

Article Details