Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris dan Kreativitas
peserta didik pada materi Song Lyrics melalui model pembelajaran Project Based Learning di
kelas XI IPS 3 Semester Genap SMA N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dalam
penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA N 3 Tegal. Metode yang digunakan
adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project-based learning
meningkatkan kosakata Bahasa Inggris dan kreativitas peserta didik. Peningkatan peserta didik
dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai pada setiap siklus. Pada Siklus I, hasil analisis data nilai
peserta didik sebesar 52.7%. Sementara itu, pada siklus II, hasil analis data nilai peserta didik
meningkat menjadi 77.7%. Terjadi peningkatan sebesar 25%.

Keywords

Bahasa Inggris Kosakata Lagu Project Based Learning Kreativitas

Article Details