Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap upaya peningkatan hasil
belajar dan keaktifan peserta didik Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus,
setiap siklus yang berlangsung dilaksanakan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT
dengan terus menerus mewujudkan proses pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa
dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X-6
SMA Negeri 4 Tegal yang berjumlah 34 orang. Setelah penelitian ini berlangsung selama dua siklus,
diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Aktivitas belajar siswa semakin membaik pada siklus 1 dan
siklus 2 jika dibandingkan dengan prasiklus. 2) Hasil belajar siswa semakin membaik jika
dibandingkan dengan prasiklus dengan siklus I. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X-6 SMA Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023
semakin meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Keywords

Hasil Belajar Keaktifan Teams Games Tournament (TGT)

Article Details