Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan pemahaman konsep
peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di Kelas XI-09 SMA N 2 Tegal melalui model
pembelajaran cooperative learning dengan teknik snowball throwing. Penelitian dilakukan
sebanyak tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencaanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Teknik pengumpulaan data dengan tes dan non tes, sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
konsentrasi belajar peserta didik dilihat dari hasil observasi setiap indikator konsentrasi belajar
yang ditetapkan pada penelitian ini. Pemahaman konsep peserta didik juga mengalami
peningkatan yang lebih baik pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta
didik yang mencapai nilai KKM menjadi 83% pada siklus II dari 42% pada prasiklus. Oleh karena
itu, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran cooperative learning dengan teknik snowball
throwing dapat diterapkan di kelas XI-09 SMA Negeri 2 Tegal untuk meningkatkan konsentrasi
belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Saran dari penelitian ini sebaiknya guru dapat
menerapkan teknik snowball throwing sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang
meningkatkan konsentrasi dan pemahaman konsep peserta didik.

Keywords

Snowball throwing konsentrasi belajar hasil belajar

Article Details