Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi pada kelas 7E, penulis menemukan masalah
yaitu kurangnya keterampilan menulis terutama pada teks tanggapan. Setelah saya melakukan
observasi, beberapa dari mereka hanya menulis tanggapan sesuai dengan pemahaman
mereka, sehingga pada kelas tersebut belum menguasai keterampilan menulis. Dalam
penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks
tanggapan pada peserta didik kelas VII.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian adanya peningkatan nilai dari pra siklus ke siklus 1. Peningkatan tersebut
dari 11 persen sampai 28 persen, hal ini sangat signifikan. Pada pra siklus peserta didik tidak
tuntas dalam menulis teks tanggapan karena mereka belum memahami menulis teks
tanggapan. siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan, hal tersebut dipacu karena
pemberian materi dengan penguatan sehingga peserta didik dapat mengerjakan secara
maksimal dan peserta didik sudah mengetahui pola rancangan menulis teks tanggapan. Tabel
di atas menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 7,67 persen sehingga dapat disimpulkan
model STAD ini sangat berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks tanggapan.

Keywords

Model STAD Hasil belajar Menulis Teks Tanggapan

Article Details