Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan keaktifan belajar
siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan pada
peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 33
peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua
siklus. Dengan hasil menunjukan adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis dari
pembelajaran yang diterapkan sebelumnya yaitu 69,23% dengan kriteria kritis pada siklus I
menjadi 84,61% dengan klasifikasi sangat kritis pada siklus II. Keaktifan belajar siswa juga
mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 65,2% dengan klasifikasi aktif menjadi 86,1%
dengan klasifikasi sangat aktif pada siklus II. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berfikir
kritis dan keaktifan belajar siswa kelas XI.