Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi
menggunakan model experiental learning berbantuan media foto kelas X-1 dan mengetahui
perubahan perilaku peserta didik selama proses berlangsung. Penelitian ini menggunakan dua
teknik pengumpulan data, yaitu teknis nontes dan teknis tes. Teknik pengambilan data
menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya
peningkatan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas X-1 SMA N 3 Kota Tegal setelah
menggunakan model experiental learning berbatuan media foto. Nilai rata-rata pada prasiklus
yaitu 69 dengan kategori cukup, siklus I sebesar 77 dengan kategori baik, dan siklus II sebesar 86
dengan kategori sangat baik. Perubahan perilaku peserta didik peserta didik dalam proses
pembelajaran mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus rata-rata skor adalah 2 dengan
jumalah 68. Kemudian pada tahap siklus I terjadi peningkatan rata-rata skor adalah 3 dengan
jumlah 102. Selanjutnya, pada siklus II terjadi peningkatan kembali rata-rata skor adalah 4 dengan
jumlah 126.