Main Article Content
Abstract
Keterampilan menulis merupakan aspek penting dalam keterampilan berbahasa yang dapat
dikembangkan melalui partisipasi aktif kegiatan penulisan sastra. Pada pembelajaran menulis
puisi siswa dapat mengeskpresikan beragam emosi dan ide kreatif melalui keindahan kata yang
sarat akan makna sesuai kelengkapan strukturnya. Keterampilan menulis puisi semakin
meningkat dengan penerapan model pembelajaran yang cocok. Penelitian ini mendeskripsikan
peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan model experiential learning dengan
bantuan teknik akrostik pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 3 Tegal. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui siklus I dan siklus II. Hasil penelitian tindakan
kelas peningkatannya diperoleh aspek tema total sebanyak 13%. Pada aspek majas, citraan, dan
amanat diperoleh peningkatan total sebanyak 10%. Pada aspek tipografi ditemukan total
peningkatan sebanyak 11%. Sementara itu, perolehan nilai hasil tes keterampilan menulis
diperoleh peningkatan pada siklus II dengan pemerolehan persentase nilai yang memenuhi
batas minimal ketuntasan sebanyak 97%. Adapun, setelah pelaksanaan siklus II semakin
meningkat manjadi 100%.