Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis peserta
didik kelas X.5 menggunakan model experiental learning berbantuan media gambar dan (2)
untuk mengetahui perubahan perilaku peserta didik kelas X.5 selama proses pembelajaran
menulis puisi menggunakan model experiental learning berbantuan media gambar. Hasil dari
penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi dan perubahan
perilaku pada peserta didik kelas X.5 menggunakan model experiantal learning berbantuan
media gambar. Peningkatan nilai rata-rata menulis puisi peserta didik yaitu pra siklus sebesar
72,9% dengan kategori cukup, siklus I sebesar 81,5% dengan kategori baik, dan siklus II 90,1%
dengan kategori sangat baik. Aspek perilaku yang diamati dan dinilai yaitu antusias, menghargai,
fokus, mandiri, aktif, ketepatan waktu mengumpulkan puisi, dan kreatif. Perubahan perilaku
diperoleh berdasarkan hasil observasi dan penilaian yang dilakukan selama proses
pembelajaran menulis puisi, sehingga diperoleh nilai rata-rata yaitu pra siklus sebesar 13,7%,
siklus I sebesar 20,25%, dan siklus II sebesar 25,67%.