Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan menulis
surat pribadi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tegal dalam pembelajaran menulis yang
menggunakan strategi BaCag Lisan (BACA CURAH GAGASAN TULIS KIRIMKAN). Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VII B SMP Negeri 1
Tegal yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat komponen, yaitu perencanaan
(planning), implementasi tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi
(reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan aspek yang
diamati dalam menulis surat pribadi siswa pada pratindakan sebesar 31,09 atau 31%
mengalami kenaikan sebesar 41,5 atau 41% menjadi 72,6 atau 72%. Demikian pula dengan
implementasi tindakan siklus II yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis surat pribadi. Siklus II dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Hasil menulis teks
tanggapan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 72,6 atau jika dipersentasekan
72%, sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 92,3 atau
jika dipersentasekan 92%. Siswa yang kurang termotivasi tampak lebih bersemangat, lebih
percaya diri dan berperan aktif mengikuti pembelajaran menulis surat pribadi.