Main Article Content

Abstract

Peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII F materi bunyi
merupakan tujuan dari dilakukannya penelitian ini setelah diterapkannya model kooperatif NHT
berbantuan flash card. Penelitian dilakukan secara kolaboratif dan merupakan jenis Penelitian
Tindakan Kelas. Tahap dari penelitan ini ialah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi yang merupakan desain dari model Kemmis dan Mc.Taggart. Sebanyak 32 peserta didik
kelas VIII F SMP Negeri 2 Tegal menjadi subyek dalam penelitian yang dilakukan. Data penelitian
dikumpulkan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes (pretest-posttest), dan
angket (motivasi belajar). Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Peningkatan persentase keberhasilan motivasi belajar dari 62,50% (siklus I) menjadi 84,38%
(siklus II) dan hasil belajar kognitif dari 71,88% (siklus I) menjadi 87,50% (siklus II)
menunjukkan bahwa penerapan dari model kooperatif NHT berbantuan flash card pada materi
bunyi mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.

Keywords

model kooperatif NHT flash card motivasi belajar hasil belajar kognitif

Article Details