Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini didasari oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa
kelas VIII A. PTK ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris
menggunakan media picture dictionary dalam materi membaca pemahaman serta imbasnya
pada peningkatan hasil nilai siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Sedangkan
dianalisis dengan cara membadingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Setelah
penelitian dilakukan, diperoleh hasil secara klasikal pada kondisi awal sebesar 28%, pada siklus
I sebesar 43%, dan pada siklus II sebesar 59%. Maka, diperoleh hasil bahwa rerata kelas pada
kondisi awal sebesar 66. Pada siklus I, rerata kelas sebesar 71 Pada siklus II, rerata kelas sebesar
77 Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa
sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media picture dictionary dapat membantu siswa
meningkatkan reading comprehension skill siswa kelas VIII A SMPN 1KotaTegal 2022/2023.

Keywords

Media Picture Dictionary Reading Comprehension

Article Details