Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
dengan menerapkan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) di kelas X1 SMAN 04 Tegal. Subjek Penelitian Tindakan Kelas adalah Peserta didik Kelas X-1 SMA
Negeri 4 Tegal Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 36 peserta
didik. Pada siklus I ke Siklus II memperoleh kenaikan nilai rata-rata sebesar 1,3 dari
2,38 dengan kriteria cukup baik menjadi 3,68 dengan kriteria baik. Hasil belajar peserta
didik juga mengalami peningkatan tiap siklus. Pada siklus I ke siklus II memperoleh
kenaikan sebesar 68% menjadi 29 peserta didik atau 85%. Hal ini menunjukkan bahwa
indikator keberhasilan hasil belajar sudah mencapai target 80%. Dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembalajaran TGT (Teams Games Tournaments) pada
pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di
kelas X-1 SMAN 04 Tegal