Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi belajar peserta didik dapat
berpengaruh terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran TGT. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang mengadopsi model penelitian Kammis & Mc.Taggart (1991) yang
terdiri dari dua siklus dengan empat tahap di masing-masing siklusnya. Tahap pertama
merupakan perencanaan. Selanjutnya, tahap kedua adalah tindakan kegiatan yang sudah
direncanakan. Tahap pelaksanaan ini juga dibersamai tahap ketiga yaitu pengamatan yang
bertujuan membantu peneliti mengumpulkan bahan refleksi. Terakhir, tahap keempat yaitu
refleksi, evaluasi,serta saran perbaikan praktik selanjutnya. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa
adanya hubungan kuat antara partisipasi belajar terhadap hasil belajar pada sikus I dan siklus II.
Pada siklus I, pengaruh partisipasi belajar terhadap naik turunnya hasil belajar adalah 79,6%.
Sedangkan pada siklus II, pengaruh partisipasi belajar terhadap naik turunnya hasil belajar adalah
81,7%. Dengan demikian, terjadi peningkatan pengaruh partisipasi belajar pada setiap siklus dan
mengakibatkan hasil belajar juga meningkat dengan menggunakan model pembelajaran TGT.

Keywords

partisipasi belajar hasil belajar Teams Games Tournament

Article Details