Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan strategi
camisi(baca, pahami, dan modifikasi) pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 kota Tegal tahun ajaran
2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VII A SMP
Negeri 1 kota Tegal yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa
pengamatan, penilaian kemampuan menulis surat pribadi, serta dokumentasi foto dan video. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan aspek yang diamati dalam surat pribadi siswa pada
prasiklus sebesar 48.86 atau 48.86% mengalami kenaikan sebesar 33.53 atau 33.53% menjadi 82.39.
Demikian pula dengan implementasi tindakan siklus II yang mampu meningkatkan kemampuan siswa
dalam menulis surat pribadi. Hasil menulis surat pribadi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa
yaitu 82.39 sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 9.37 menjadi
91.76 atau 91.76%.