Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penulis yang ingin meneliti peningkatan
pembelajaran berbantuan media Quizizz untuk siswa kelas VII SMP. Subjek penelitian yaitu
siswa SMP Negeri 11 Tegal kelas VII. Objek penelitian adalah hasil dan motivasi belajar media
Quizizz materi Teks Tanggapan kelas VII. Metode pengumpulan data melalui observasi, teknik
triangulasi (angket, dokumentasi, dan catat). Metode analisis data menggunakan deskriptif
kuantitatif-kualitatif dengan teknik paradigma sederhana dan persentase. Prosedur penelitian
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Ketuntasan siswa dalam hasil belajar Siklus I sebanyak 25
siswa dan Siklus II sebanyak 27 siswa. Nilai rata-rata siswa kelas VII pada Pra Tindakan sebesar
66 meningkat dalam Siklus I sebesar 71 dan Siklus II sebesar 84, terdapat peningkatan sebesar
13; (2) Hasil peningkatan motivasi belajar siswa melalui media Quizizz dengan nilai rata-rata
pada Pra Tindakan sebesar 20,3% meningkat Siklus I sebesar 63,6% dan Siklus II sebesar 98%,
terdapat peningkatan sebesar 34,4%.