Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilakukan di SMP, khususnya untuk kelas
VII. Total peserta adalah 32 siswa. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk
meningkatkan minat peserta didik dalam belajar bahasa Inggris pada Descriptive
Text dengan menggunakan media (ular tangga). Dalam penelitian ini digunakan dua
instrumen yaitu angket dan observasi. Kondisi peserta didik pada awalnya adalah
mereka memiliki minat yang rendah dalam belajar bahasa Inggris karena dalam
proses pembelajaran, guru kurang menggunakan media. Sebelum menggunakan
media, hanya ada 6% dari total peserta didik yang memiliki minat tinggi dan ada
75% dari jumlah peserta didik yang memiliki minat rendah. Setelah penerapan
media, minat belajar peserta didik meningkat. Minat peserta didik yang meningkat
sangat signifikan. Jumlah peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi sebesar
78% pada siklus II.

Keywords

Minat Belajar Ular Tangga Descriptive Text

Article Details