Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan
hasil belajar mata pelajaaran ekonomi pada siswa kelas XI 8 di SMA Negeri 2 Tegal dengan
menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Quizizz.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus yaitu : prasiklus dan dua kali siklus. Setiap
siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI 8 di SMA Negeri 2 Tegal dengan jumlah 32 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data terdiri dari data
kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian motivasi belajar siswa pada kegiatan prasiklus
menunjukkan siswa kurang termotivasi dengan pembelajaran ceramah, kemudian pada siklus I
dan II menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa karena pembelajaran lebih menarik dan
interaktif serta semua siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. Hasil penelitian dari hasil
belajar siswa menunjukkan pada tahap prasiklus ketuntasan klasikal sebesar 25%, kemudian di
siklus I sebesar 71% dan di siklus II sebesar 81%. Simpulan dari penelitian ini adalah model
pembelajaran TGT dengan berbantuan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar dan
hasil belajar ekonomi kelas XI 8 pada SMA Negeri 2 Tegal.Saran dari penelitian ini hendaknya
guru dapat menerapkan pembelajaran TGT sebagai salah satu alternatif model pembelajaran
inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Keywords

hasil belajar motivasi belajar quizizz Team Games Tournament

Article Details