Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui metode permainan online
pada siswa kelas VII C SMP N 02 TEGAL. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan system 2 siklus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
kolaboratif desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart dengan prosedur penelitian
dijabarkan sebagai berikut: tahap awal perencanaan lalu tahap kedua Tindakan lalu tahap ketiga
observasi dan tahap terakhir refleksi. Setiap siklusnya terdapat ketiga tahap tersebut. Subject
dari penelitian ini adalah siswa dari kelas VII C SMP N 02 TEGAL yang berjumlah 32 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, observasi, dan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa online game-based
learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VII C dalam pembelajaran
Bahasa Inggris. Hal tersebut dapat diwujudkan dari pelaksanaan pre-test dan post-test 1,
motivasi belajar siswa mengalami kenaikan dari rata-rata pada pre-test berjumlah 43,8 dan
pada siklus 1 rata-rata berjumlah 51,09, sedangkan pada pelaksanaan siklus 2 rata-rata motivasi
belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 54,03. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat
peningkatan motivasi belajar peserta didik yang meningkat setiap siklus. Hasil tersebut
diperkuat dengan hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dengan presentasi
ketuntasan belajar pada siklus 1 sejumlah 72% meningkat pada siklus 2 dengan presentasi
ketuntasan belajar sejumlah 91%.

Keywords

Game-based learning Permainan Online Edukatif Motivasi dan Hasil Belajar

Article Details