Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita inspiratif
dengan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) termodifikasi lagu “Aya
Susanti” dan media Flashcard berbasis budaya lokal pada peserta didik kelas IX. Jenis penelitian ini
yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart (1988). Subjek penelitian ini peserta
didik kelas IX SMPN 1 Pangkah. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, angket, dan
dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis teks cerita inspiratif dengan model
STAD termodifikasi lagu “Aya Susanti” dan media Flashcard berbasis budaya lokal pada peserta
didik. Peningkatan nilai tersebut dilihat dari nilai rata-rata pratindakan sebesar 58,69, rata-rata siklus I
sebesar 77,58 dan pada siklus II sebesar 90,19.

Keywords

teks cerita inspiratif model STAD media flashcard

Article Details