Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII C SMP
Negeri 1 Tegal materi unsur dan senyawa. Penelitian tindakan kelas ini kolaboratif dengan guru
IPA di SMP Negeri 1 Tegal. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII C SMP N 1
Tegal pada materi unsur dan senyawa pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta
didik sebesar 81,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78% atau 25 peserta didik sedangkan
pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 86,09 dengan ketuntasan klasikal 94%
atau 30 peserta didik yang tuntas dengan KKTP 75. Penelitian tindakan kelas dengan penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif
peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Tegal pada materi unsur dan senyawa.

Keywords

Inkuiri Terbimbing Kreatif

Article Details