MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 TEGAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII C SMP
Negeri 1 Tegal materi unsur dan senyawa. Penelitian tindakan kelas ini kolaboratif dengan guru
IPA di SMP Negeri 1 Tegal. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII C SMP N 1
Tegal pada materi unsur dan senyawa pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta
didik sebesar 81,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78% atau 25 peserta didik sedangkan
pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 86,09 dengan ketuntasan klasikal 94%
atau 30 peserta didik yang tuntas dengan KKTP 75. Penelitian tindakan kelas dengan penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif
peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Tegal pada materi unsur dan senyawa.