Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk muntuk mengetahui apakah ada peningkatan
penguasaan kosa kata dan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan strategi
pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas VIII E di SMP Negeri 11 Tegal semester 2 tahun
pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
berjumlah 29 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, tiap-tiap siklus
terdiri dari 4 tahap : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Kemudian
untuk pembelajarannya menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Teknik pengumpulan data
kuantitatif dalam penelitian ini melalui lembar hasil pekerjaan siswa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi
dapat meningkatkan penguasaan kosa kata dan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada
meningkatnya rata-rata nilai pada siklus I sebesar 71,58 menjadi 75,66 pada siklus II, kemudian
untuk hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 70,83% dan meningkat menjadi
87,50% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan
perbaikan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat
meningkatkan penguasaan kosa kata dan motivasi belajar siswa kelas VIII E di SMP Negeri 11
Tegal semester 2 tahun pelajaran 2022/2023.

Keywords

Penguasaan KosaKata (Vocabulary) Pembelajaran Berdiferensiasi

Article Details