Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita
inspiratif pada siswa kelas IX E. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif
untuk hasil tes, dan deskriptif kualitatif untuk hasil observasi sikap. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan dari prasiklus menuju siklus I dan dari siklus I ke siklus II pun mengalami
peningkatan ketuntasan dan nilai rata-rata yang sangat signifikan. Persentase ketuntasan siswa
pada prasiklus hanya 6%, persentase ketuntasan siklus I adalah 32% meningkat sebesar 26% dari
prasiklus. Dari siklus 1 32% meningkat sebesar 42% pada siklus II dengan ketuntasan sebesar
74% dan dengan nilai rata-rata adalah 81. Pada pra siklus siswa mengalami kesulitan karena
bekerja mandiri dan susah menentukan ide atau tema cerita, penerapan model kooperatif NHT
yang berbasis diskusi serta media flashcard terbukti membantu peserta didik dalam berkembang
meningkatkan keterampilan menulis. Mereka menjadi lebih aktif berdiskusi berbagi ide dan
pengetahuan, saling membantu, dan efektif menentukan tema cerita.