Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan metode deskriptif kuantitatif. Model
POE dipilih sebagai bentuk perlakuan yang dipadukan dengan TaRL dan jurnal refleksi untuk
meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 7 Tegal dan kemampuan
refleksi diri. Penelitian berlangsung dalam materi getaran, gelombang dan bunyi. Data kualitatif
diperoleh melalui observasi, wawancara, instrumen tes berupa pretest posttest dan ulangan
harian, angket berupa jurnal refleksi. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA peserta didik mengalami
nilai ketercapaian sebesar 81,25% melebihi indikator ketercapaian yang bernilai 75%. Dari
hasil ketercapaian tersebut diperoleh profil capaian belajar kognitif setiap peserta didik yang
dapat digunakan guru untuk memberikan perlakukan tindak lanjut dalam bentukperlakuan
TaRL. Sementara itu kemampuan refleksi diri peserta didik juga mengalami peningkatan dilihat
dari banyaknya respon yang diberikan peserta didik dalam mengisi jurnal refleksi.

Keywords

Model POE TaRL Jurnal Reflreksi Hasil Belajar Refleksi Diri

Article Details