Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan menulis teks
tanggapan siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tegal dalam pembelajaran menulis yang menggunakan
model team games tournament. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat
komponen, yaitu perencanaan (planning), implementasi tindakan (acting), pengamatan (observing),
dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, penilaian kemampuan
menulis teks tanggapan, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil menulis
teks tanggapan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 67,14 atau jika dipersentasekan
67,14%, sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 18,28 menjadi
85,42 atau jika dipersentasekan 85,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata
yang didapat siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75.