Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang bertujuan
meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi bangun ruang melalui
pendekatan cooperative learning dengan gamifikasi. Minat belajar diukur melalui observasi dan
angket, sementara hasil belajar kognitif diukur dengan kuis akhir siklus. Hasil observasi
menunjukkan peningkatan minat belajar dari skor 20,4 pada pra-siklus menjadi 63,6 dan 78 pada
siklus I dan II. Pengukuran angket menunjukkan peningkatan skor minat belajar sebesar 4,45%
pada siklus I dan 11,46% pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata 25 pada prasiklus menjadi 53,8 dan 70,8 pada siklus I dan II. Kesimpulannya, penerapan cooperative learning
dengan gamifikasi berhasil meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada
materi bangun ruang