Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model Problem Based
Learning (PBL) dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X-7 pada
materi Alat Pembayaran di SMA Negeri 3 Tegal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan
hasil belajar peserta didik kelas X7 SMA N 3 Tegal. Pada kondisi awal peesrta didik yang
memiliki minat tinggi hanya ada 20 (54,29%), meningkat menjadi 25 (71,43%) pada siklus I dan
meningkat menjadi 29 (82,86%) pada siklus II. Hasil belajar terjadi peningkatan yang signifikan
dengan nilai rata-rata mulai pra siklus 60,80 siklus I menjadi 75,20, dan siklus II menjadi 85,71.
Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada pra siklus 7 (20,00%) peserta didik yang tuntas
belajar, meningkat pada siklus I menjadi 26 (74,29%) dan siklus II menjadi 30 (85,71%).