Main Article Content
Abstract
Pada Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui model cooperative learning tipe
STAD. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif serta kualitatif. Hasil pada penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran
Pendidikan Pancasila di kelas VII B SMP Negeri 3 Tegal mampu meningkatkan partisipasi aktif
dan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dengan hasil data partisipasi aktif Peserta didik pada
pra tindakan 47% naik menjadi 74% pada siklus I, dan 85% pada siklus II. Kemudian data hasil
belajar ketuntasanya pada pra tindakan 48% naik menjadi 72% pada siklus I, dan meningkat 84%
pada siklus II. Penerapan cooperative learning tipe STAD berhasil untuk meningkatkan
partisipasi aktif dan hasil belajar peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Tegal.